D. Medan Magnet

Meskipun gaya magnet paling kuat terdapat pada kutub-kutub magnet, gaya tersebut tidak terbatas hanya pada kutub. Gaya magnet juga terdapat di sekitar bagian magnet yang lain. Daerah di sekitar magnet tempat gaya magnet bekerja disebut medan magnet.

Sangat membantu jika Anda memikirkan medan magnet sebagai suatu daerah yang dilewati oleh garis-garis gaya magnet. Garis gaya magnet menentukan medan magnet sebuah benda. Seperti halnya garis-garis medan listrik, garis-garis gaya magnet dapat digambar untuk memperlihatkan lintasan medan magnet tersebut.

Gambar 4. Garis-garis gaya magnet dapat dilihat dengan menaburkan serbuk besi pada selembar kaca yang diletakkan di atas sebuah magnet

Garis medan magnet berkeliling dalam lintasan tertutup dari kutub utara ke kutub selatan dari sebuah magnet. Suatu medan magnit yang diwakili oleh garis-garis gaya yang terentang dari satu kutub sebuah magnet ke kutub yang
lain, merupakan suatu daerah tempat bekerjanya gaya magnet tersebut.

Garis gaya magnet dapat diperlihatkan dengan mudah dengan menaburkan serbuk besi pada selembar kertas yang diletakkan di atas sebuah magnet. Lihatlah Gambar 3. Di manakah garis gaya magnet selalu ditemukan paling banyak dan paling berdekatan satu sama lain?

Gambar 5 memperlihatkan garis gaya magnet yang terdapat di antara kutub-kutub taksenama dua buah magnet batang. Pola serbuk besi memperlihatkan kutub-kutub senama tolak-menolak. Gambar 5 memperlihatkan garis gaya magnet yang terdapat di antara kutub-kutub taksenama dua buah magnet batang. Pola serbuk besi memperlihatkan kutubkutub tidak senama tarik menarik.

Iklan
%d blogger menyukai ini: